TERAPI KELUARGA
KELUARGA
n Keluarga
merupakan mikrosistem yg menentukan
kepribadian & kesehatan mental anak (Notosudirja N & latipun, 2002)
n Keluarga merupakan institusi penting bagi
anak (Notosudirja N & latipun, 2002)
n Keluarga merupakan sistem pendukung utama yg
memberi perawatan langsung pd setiap keadaan sehat sakit (Keliat BA, 1996)
CIRI FUNGSI KELG ADAPTIF
n Mampu
menyelesaikan tugas2 kelg
n Mampu
mentoleransi & beradaptasi thd konflik serta tetap dlm kebersamaan
n Kontak
emosi tetap terjaga antar generasi & antar anggota tanpa mengurangi
otoritas masing2
n Mempunyai
koping kelg yg adaptif
n Perbedaan
dlm kelg disikapi scr positif
CIRI FUNGSI KELG ADAPTIF
n Anak2
diharapkan dpt bertanggung jawab & dpt menikmati masa 2 sesuai usianya.
n Berfikir
rasional, saling memperhatikan serta menghormati antara pasangan keluarga
CIRI FUNGSI KELG MALADAPTIF
n Peran
ibu yg over protektiv & sosok ayah yg jauh scr fisik maupun
psikis
n Keberadaan
super wife / super husband yg menimbulkan perlemahan fungsi salah
satu pasangan
n Pasangan
yg suka bertengkar & mencari benar sendiri ketika terlibat affair
n Anak
yg tdk mempunyai teman di sekolah
n Tdk
terjalin hub yg harmonis / terputus diantara 3 generasi
n Anak
bertindak semaunya krn tdk ada yg dituakan
n Kelg
dgn anggota seorang pecandu
n Kelg
dgn pelaku penyiksaan fisik, emosi & sexual
TERAPI KELUARGA
n Adalah
pendekatan terapeutik yg melihat mslh individu dlm kontek lingk, khususnya kelg
& menitik beratkan pd proses interpersonal
n Terapi
kelg difokuskan untuk merubah interaksi diantara anggota kelg & u/
memperbaiki fungsi kelg
n Terapi
kelg menekankan pd disfungsi kelg yg difokuskan u/ berubah
MANFAAT TX KELG
n KLIEN:
n Mempercepat
proses kesembuhan melalui dinamika kelp
n Memperbaiki
hub interpersonal kx dgn tiap anggota kelg / memperbaiki proses sosialisasi yg
dibutuhkan dlm upaya rehabilitasi
n Menurunkan
angka kekambuhan
n KELUARGA:
n Memperbaiki
fungsi & struktur kelg
n Kelg
mampu meningkatkan pengertian terhadap kx
n Kelg
mampu membantu proses rehabilitasi
INDIKASI TX KELG
n Mempunyai
masalah system kelg:
n Konflik
pernikahan
n Konflik
dgnsaudara yg berat (Sibling)
n Konflik
antar generasi
n Kelg
yg akan / sedang memasuki tahap perkembangan baru
n Tdk
adanya kemajuan tx individu
n Tx
individu yg mempengaruhi anggota kelg yg lain
KONRA INDIKASI TX KELG
n Melibatkan
individu2 yg tdk scr teratur terlibat dlm kehidupan anak
n Dgn
tx kelg justru meningkatkan potnsi anggota kelg u/ melakukan kekerasan
n Bekerja
sama lebih lanjut dgn ortu yg telah bercerai
MODEL TX KELG
n TX
SISTEM KELG (BOWEN, 1950)
n Kelg
sbbg sistem homeostasis (saling mempengaruhi antar anggota kelg)
n Menjelaskan
tentang disfungsi dari emosi dlm sebuah hub antar manusia khususnya dalam s/
kelg, mis: pemabuk dipandang sbg g3 dlm hub antar manusia terutama dlm kelg
n Terapis
akan membantu kelg dlm mengidentifikasi perilaku / kenyataan hub antar anggota
kelg dpd sekedar merasakan / meratapi kejadian tsb
n TX
SISTEM KELG (BOWEN, 1950)
n Mempunyai
7 konsep
n Pembeda
diri
n Triangles
n Sistem
emosi keluarga inti
n Proses
transmisi multigenerasi (Dinamik)
n Proses
proyeksi kelg
n Posisi
sibling
n Penghambatan
emosi
1. Pembeda diri:
n Menentukan
bgm hub emosional dibentuk & bgm perkembangan dari tiap individu: siapa,
peran & apa yg membedakan (antar anggota kelg)
2. Triangle:
n Beberapa
sistem emosi & respon emosional dlm kelg yg digunakan u/ mengatur &
meredam kecemasan dlm berhub
n Menggali
bgm peran segi tiga ayah, ibu , anak agar dpt mencapai keseimbangan & rasa
aman dlm kelg
3. Dinamik:
n Proses
perpindahan beberapa generasi s/ kelg, isu & masalah dpt berubah dari satu
generasi ke generasi lain begitu pula pola dari hub.
n Menggali
apa masalah dominan dari masing2 generasi
4. Posisi sibling:
n Seseorang
anggota kelg ada perhatian sibling lainnya
n Perawat
menggali adakah dlm kelg suasana pilih kasih terhadap anggota kelg
5. Sistem emosi kelg inti:
n Pengkajian
diarahkan pd pola dari interaksi kelg yg meliputi ayah, ibu, anak tanpa ada
pihak kelg lain, sehingga bentuk perhatian, kasih sayang, komunikasi lebih
terfokus pd kelg inti.
6. Penghambatan emosi:
n Antara
kelg inti mencoba untuk berlatih menahan amarah, merubahnya mjd ungkapan kasih
sayang & saling perhatian
7. Proses proyeksi kelg:
n Menggambarkan
s/ kecemasan tentang isu yg ditranfer melalui s/ generasi
n Fokus
telaahan dimana maslah yg belum tuntas pd s/ generasi mungkin diwariskan pd
generasi berikutnya
n TERAPI
STRUKTUR KELG
n Mrpkan
pendekatan yg terfokus pd masalah yg menekankan pd kepastian batas2 wajar
diantara sub sistem dlm kelg, misal antara ortu – anak, antar saudara, dsb
n Terapis
berusaha mengkoreksi mslh2 dlm hirarki kelg, meliputi teknik penetapan kembali
peran masing2 anggota kelg, penetapan fungsi kelg
n TERAPI
STRATEGI KELG
n Selain
memusatkan perhatian pd problema, juga memiliki karakteristik mencari strategi
yg efektif u/ menolong kelg menggapai tujuan mereka selama menjalani terapi.
n Strategi
terapi meliputi:
n Reframing
/ mengemas kembali: mengajak kelg u/ melihat kembali s/ permasalahan,
serta kenyataan alternatif yg nantinya membawa pd perilaku & solusi yg baru
n Pengendalian
perubahan: kelg diminta u/ melaks tindakan & target u/
mengatasi masalah dlm beberapa minggu, mis: yg biasa tdk pernah mencuci baju
sendiri belajar u/ mecuci sendiri
n Paradoxial
(Kontradiksi): yg biasa dominan belajar u/ tdk
dominan, biasa mengatur berusaha u/ belajar diatur, dsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar