we're

we're

Sabtu, 23 Februari 2013

Makalah Nutrisi Selama Kehamilan


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum WR Wb

            Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
            Makalah yang berjudul Nutrisi  selama kehamilan ini disusun untuk memenuhi tugas dari mata kuliah maternitas. Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian dan penyusunan makalah ini.
            Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah yang berjudul Nutrisi selama kehamilan ini masih jauh dari kata sempurna, karena masih banyaknya kekurangan yang ada pada diri penyusun. Untuk itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca, sehingga di pada penyusunan makalah selanjutnya bisa lebih baik.
            Akhir kata penyusun berharap makalah maternitas ini  ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Semoga Allah SWT selalu atau senantiasa memberikan rahmat dan hidayah_Nya bagi kita semua. Amin .

Wassalamualaikum WR Wb



                                                                                                            Malang, 04 Oktober 2012
                                                                                                           

Penyusun




DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………………………………………………………...       i
Daftar Isi………………………………………………………………………      ii
BAB I Pendahuluan………………………………….………………………..      1
1.1          Latar Belakang……………………………………………………….....       1
1.2          Tujuan………………….…………………………………………….....       1
1.3          Rumusan Masalah……………………………………………………....       1

BAB II Tinjauan Pustaka………………………………….…………………..      2
2.1          Nutrisi yang dibutuhkan…………….…………………………………..      2
2.2         Pembagian zat gizi……………………………………………………....      8
2.3          Pengaturan Menu……………………………....…………………….....       9

BAB III Penutup........................................................................................   11
3.1      Kesimpulan...........................................................................................   11
3.2     Saran………………………………………………………………………   11
Daftar Pustaka………………………………………………………….............   iv








BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kesehatan adalah suatu hal dalam kehidupan yang dapat membuat keluarga bahagia. Pada kehamilan terjadi perubahan fisik dan mental yang bersifat alami dimana para calon ibu harus sehat dan mempunyai kecukupan gizi sebelum dan setelah hamil. Agar kehamilan berjalan sukses, keadaan gizi ibu pada waktu konsepsi harus dalam keadaan yang baik dan selama hamil mendapatkan tambahan protein, minimal seperti zat besi dan kalsium, vitamin, asam folat dan energi. Kekurangan atau kelebihan makanan pada masa hamil dapat berakibat kurang baik bagi ibu, janin yang dikandung serta jalannya persalinan. Oleh karena itu, perhatian terhadap gizi dan pengawasan berat badan (BB) selama hamil merupakan salah satu hal penting dalam pengawasan kesehatan pada masa hamil. Selama hamil, calon ibu memerlukan lebih banyak zat-zat gizi daripada wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil dibutuhkan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya, bila makanan ibu terbatas janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu sehingga ibu menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lain-lain.Agar ibu hamil lebih tahu dan mengerti tentang pentingnya gizi seimbang serta menu seimbang saat kehamilan maka dengan demikian dibuatnya makalah ini.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil?
2. Bagaimana pembagian zat gizi tiap trimester pada ibu hamil?
3. Bagaimana pengaturan menu pada ibu hamil?

1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui nutrisi yang dibutuhkan pada ibu hamil.
2.Untuk mengetahui pembagian zat gizi tiap trimester pada ibu hamil.
3.Untuk mengetahui pengaturan menu pada ibu hamil.


BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Nutrisi Ibu Hamil
            Dalam rangka memenuhi kebutuhan perubahan yang terjadi selama masa hamil,banyak nutrient diperlukan dalam jumlah yang lebih besar daripada jumlah yang dibutuhkan wanita dewasa normal, karena semua system organ utama ibu hamil memungkinkan perkembangan janin serta kesehatan ibu yang opitimal. Pada akhir trimester pertama volume darah ibu hamil meningkat dengan cepat atau lebih cepat daripada produksi sel darah merahnya. Hal ini merupakan peristiwa normal yang menimbulkan anemia kehamilan yang fisologis atau hemodilusi. Hal ini bukanlah masalah yang serius jika ibu hamil kekurangan zat besi, mak akan terjadi anemia yang sesungguhnya.
Kadar berbagai nutrient di dalam darah meningkat atau menurun selama masa hamil, kebanyakan fraksi lipid meningkat seperti kolestrol,sedangkan factor-faktor lain misalnya protein toatal menurun. Dewasa ini belum ada standar yang digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi kadar nutrient dalam darah wanita hamil. Laju metabolic basa, meningkat sekitar 20% selama masa hamil,peningkatan ini sudah termasuk pemakaian energy untuk sintesis jaringan.
Dibawah ini beberapa nutrisi yang dibutuhkan pada ibu hamil, adalah:
a.Kalori
            Kebutuhan energy waktu hamil adalah 300-500 kalori lebih banyak dari sebelum hamil yaitu trimester 1 atau <2minggu kebutuhannya sangat sedikit yaitu 100-150 Kkal/hari pada trimester kedua  kalori dibutuhkan untuk penambahan darah,pertumbuhann uterus,pertumbuhan payudara, dan  penimbunan lemak. Dan trimester ketiga kalori digunakan khususnya untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Kalori yang dibutuhkan pada trimester kedua dan ketiga adlah sekitar 200-300 Kkal/hari.
b.Protein
            Untuk persediaan nitrogen essensial selama masa hamil dalam rangka memenuhi tuntutan pertumbuhan jaringan pada janin  dan ibu , dibutuhkan rata-rata 925 gram yang tersimpan dalam janin. Dengan demikian, asupan yang direkomendasikan adalah 60g/hari, dengan asumsi bahwa ibu hamail mengkonsumsi masukan energy yang adekuat, untuk kebutuhan sintesis jaringan.Protein tambahan harus merupakan energy protein yang dimilki nilai biologis yang tinggi atau protein yang memiliki nilai biologis yang tinggi atau protein yang mengandung asam amino essensial, seperti daging,ikan, ayam , telur, keju dan susu, yang bernilai biologis yang tinggi yang mengandung nutrieny penting lainnya.
Protein diperlukan untuk:
*      Pembentukan sel sel baru janin
*      Pembentukan hormon
*      Struktur dasar bagi organ tubuh janin            
*      Pembentuk Hb
*      Pembesaran uterus dan mamae          
*      Cadangan adipose
*      Pembentukan plasenta
Berikut ini tabel kandungan protein pada beberapa bahan makanan.
Bahan makanan
Kuantitas
Protein (g)
Protein Lengkap
Daging sapi bakar (leher-bahu)
84mg
28
Kalkun
84mg
26
Dada ayam
84mg
25
Tuna kaleng
84mg
22
Telur
2 butir
12
Udang
84mg
11
Yogurt
1c
8
Semua jenis susu
224mg
8
Protein tidak lengkap
Tahu
½ c
10
Kacang ijo
1 c
9
Beras Merah
1c
5
Beras putih
1c
4
Roti gandum
1 lapis
3
c. Zat Besi (Fe)
Besi merupakan salah satu nutrient yang tidak dapat diperoleh dalam jumllag yang adekuat dari makanan yang dikonsumsi selama kehamilan,Diberikan melalui pemberian preparat Fe ( 30-60 mg/hari) mulai minggu ke 12 kehamilan. Selama kehamilan masa sel darah merah mengembang skitar   15 % hingga lebih dari 30 % , perlu peningkatan substansi fe.Fungsi untuk pembentukan sel darah merah,sebagai deposisi simpanan janin dan blood Loss saat melahirkan.Bila cadangan besi pada bumil rendah, dapat diberikan 60-120 mg zat besi setiap harinya.
Penggunaan preparat Fe adalah sebagai berikut: 1.diberikan antara waktu makan atau sebelum tidur, 2.idak diberikan bersamaan dengan susu,teh dan kopi dan 3.pemberian suplemen fe 30 mg/hr (setara 150 mg ferosulfat).Faktor yang meningkatkan absorbsi Fe (enhancer) adalah sebagai berikut: vitamin C, vitamin A, zink dan sumber protein hewani (Bentuk Ferro).Adapun faktor yang hambat absorbsi Fe (inhibitor) adalah sebagai berikut: kopi, fitat, teh ,magnesium, garam kalsium dan oksalat .
Berikut ini tabel kandungan Zat besi pada beberapa bahan makanan:
Bahan makanan
Kuantitas
Besi (mg)
Tiram
84mg
11
Kedelai
1c
9
Tofu
112mg
7-13
Hati sapi
84mg
6
Sirup tanpa gula
2 sdm
6
Kacang almond
2/3 c
5
Buncis
1c
5
Daging sapi panggang
84mg
4
Kacang polong putih
224mg
4
Jus buah prem
224mg
3
Bayam
1c
3
kismis
½ c
3
Daging lembu bakar/panggang
84mg
3

d. Kalsium
Janin mengkonsumsi kira-kira 250-300 mg kalsium tiap hari dari suplai darah ibu,terutama selama trimester ketiga, saat lahir bayi menyimpan kira-kira 25 gram kalsium yang dipakai untuk pertumbuhan tulang. Metabolisme kalsium dalam tubuh ibu mengalami perubahan pada awal kehamilan, yang mana membuat simpanan kalsium dalam tulang ibu meningkat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada trimester ketiga dan masa laktasi.Adapun diperlukannya kalsium bagi ibu hamil adalah sebagai perkembangan otot, jantung, dan saraf, pembekuan darah dan kegiatan enzim. Resiko kekurangan  kalsium bisa sebabkan  janin mengambil persediaan kalsium dalam tulang ibu à osteoporosis bagi ibu.Asupan kalsium yang dibutuhkan 1200 mg/hari
Berikut ini tabel kandungan kalsium pada beberapa bahan makanan :
Bahan makanan
Kuantitas
Kalsium (mg)
Sarden
98mg
437
Yogurt tawar rendah lemak
1c
415
Susu tanpa lemak
224mg
288
Mentega
224mg
385
Bayam (matang)
1 c
278
Sirup tanpa gula
2 sdm
274
Keju swiss
28mg
272
Biji wijen
2sdm
176
Salmon kaleng dengan tulang
84mg
133
Kacang tanah penggang dengan minyak
1c
126
Keju America
28mg
124
Kacang almound
28mg
50
Brokoli
½ c
36

e.Asam Folat
            Folat sangat berperan penting dalam sintesis DNA pada janin serta diperlukan untuk meningkatkan produksi sel darah merah ibu maka folat dibutuhkan oleh sel yang sedanng mengalami pertumbuhan cepat, seperti sel pada jaringan janin dan plasenta.Peningkatan kadar hormone steroid selama masa hamil dapat mengganggu pemakain folat. Kekurangan folat dalam makanan  dapat mengakibatkan anemia megaloblastik dan bayi dengan kelainan neural tube.
            Sumber makanan utama yang mengandung folat adalah hati,dagung,ikan dan sayuran.Kebutuhan asam folat yang diperlukan pada ibu hamil berkisar 400µg pada kehamilan. Rekomendasi dosis  yang dianjurkan pada asam folat sebagai berikut:
       1. 400 μg/day : Semua Wanita
       2. 1 mg/day    : Wanita Hamil
       3. 4 mg/day    : Wanita dengan riwayat  kelainan neural Tube.
Mulai 1 bulan prekonsepsi dan selama Trimester 1
Berikut ini tabel kandungan Asam Folat pada beberapa bahan makanan. :
Makana
Kuantitas
Asam Folat  (mcg)

Makanan
Kuantitas
Asam Folat  (mcg)
Daging
Pisang
1 ukuran sedang
22
Hati
98mg
220
Nanas segar
1c
16
Telur
1 butir
22
Pir
1 buah
12
Kalkun
84mg
6
Sayuran
Ayam
84mg
5
Brokoli
½ c
76
Ikan & Kerang-kerangan
Bayam
½ c
65
Tiram
1 c
25
Kacang polong
½ c
51
Kepiting
1 c
21
Polong-polongan
Salmon
98mg
14

Buncis navy
1 d
255
Udang
98mg
5

Buncis bakar
1 c
61
Buah dan Jus

Kacang-kacangan
Jus Jeruk
224mg
100

Almond
28mg
88
Belewah
1 c
48

Kacang tanah
28mg
24

f. Iodium
            Karena Yodium à Pembentuk senyawa Tiroksin yg mengontrol metabolisme sel baru yg terbentuk.
Jika kandungan Akibat  kurang, maka akan terjadi sebagai berikut:
*       Keguguran
*       Kretin
*        Cacat bawaan
*        Cebol
*        Gondok dll

g.Zinc
            Zinc merupakan unsure berbagai enzim yang berperan dalam alur metabolism utama.Kadar zinc yang rendah pada ibu hamil dikaitkab dengan banyak komplikasi pada prenatal dan intra partum,, pemakai alcohol dapar mengganggu transfer zinc melalui plasenta dan dapat menjadi penyebab beberapa kelainan pada keturunan yang pernah mengalami sindrom alcohol janin. Zinc yng direkkomendasikan RDa selama hamil adalah 15mg/ hari sejak19 minggu kehamilan. Sumber zinc di dapatkan pada daging,kerang,roti gandum utuh atau sereal.Kadar zinc pada ibu hamil yang terlalu tinggi pada pertengahan kehamilan bisa dikaitkan dengan penururnan pertumbuhan janin serta transfer zinc yang tidak adekuat ke fetus.

2.2 Pembagian zat gizi tiap trimester.
            Adapun pembagian gizi bagi ibu hamil tiap trimesternya sebagai berikut:
Pada Trimester 1 yang dibutuhkan untuk ibu hamil  di minggu 1 hingga 4 yakni tambahan kalorià 170 kcal/hari ( 1 porsi nasi),konsumsi min 2000kcal/hr dan penuhi melalui sumber KH lengkapi dg sayur,buah, daging/ikan, susu dan produk olahannya.  Pada minggu  5 ,untuk mengatasi mual muntah  ibu hamil mengkonsumsi roti,sereal,nasi 6 porsi/hari. Buah 3-4 porsi,sayur 4 porsi,lauk 2-3 porsi,susu 3-4 pporsi dan snack 2-3 porsi dengan porsi kecil sering .Pada Minggu 7,ibu hamil hendaknya mengkonsumsi sumber kalsium untuk pembentukan tulang kerangka janin. Sumber kalsium antara lain susu, yogurt, keju. Pada Minggu 9 ,kebutuhan gizi ibu hamil adalah meningkatkan sumber asam folat. Sumber dari asam folat seperti hati, telur, kacang kering, brokoli, jeruk. Perhatikan  juga asupan vitamin, dengan manfaat vitamin sebagai pembentukan jaringan tubuh , membantu dalam absorbsi Fe, mencegah pre eklamsia. Dan yang dibutuhkan asam folat untuk ibu hamil adalah 1 cup strowberry, 1 cup jus jeruk, ½ cup brokoli .
Di Minggu ke 10,ibu hamil perlu asupan protein untuk mendapatkan asam amino. Asam amino à Pembentukan otak janin, ditambah kolin dan DHA untuk sel otak baru. Sumber kolin (susu, telur,kacang2an, daging sapi, roti gandum).Sumber DHA antara lain  ikan salmon, kuning telur, unggas, daging, selai kacang, gandum, susu  Pada minggu 12 , ibu hamil harus  memperhatikan konsumsi Vit A, B1,B2, B6 dengan manfaat  proses tumbuh kembang. Vit B12 dengan manfaat bagi ibu hamil adalah mencegah anemia dan pembentukan sel darah baru,Vit C dengan manfaat membantu absorbsi Fe. Vit D  dengan manfaat uuntuk  tulang dan gizi. Vit E dengan manfaat untuk  metabolisme.Dan konsumsi juga Zat besi untuk peningkatan volume darah dan cegah anemia
Pada trimester 2  gizi yang dibutuhkan pada  ibu hamil adalah penambahan kalori hingga 300 kcal/hari (dari tambahan 2 porsi nasi dan snack 3-4 kali/hari),menghindari Kafein (teh kental, kopi, cola, coklat) karena akan mengganggu perkembangan SSP janin dll ,mengkonsumsi sayur dan  buah akan mencegah sembelit  dan cukup cairan hingga 8 gelas/hari. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sumber zat besi + vit C.Batasi konsumsi garam karena akan mengakibatkan  HT dan odem kaki dan mengkonsumsi sumber omega 3 dan antioksidan (vit E)
Pada trimester 3,gizi yang dibutuhkan ibu hamil antara lain seperti menambahkan kalori sekitar 285 – 300 kcal/hari , karena kalori diperlukan sebagai persiapan melahirkan dan menyusui serta fungsi kalori utk janin  janin, plasenta, volume darah dan cairan amnion (ketuban). Sumber kalori adalah makanan yang mengandung karbohidrat (nasi,kentang dan mie),atau sumber kalori bisa dari lemak baik hewani seperti daging,telur dan alpukat.Vitamin B6  diperlukan karena  reaksi kimia dalam tubuh, metabolisme zat gizi dan neurotransmiter. Sumber makanan hewani ,Vitamin B1,B2,B3 dengan manfaat  membantu enzim untuk mengatur metabolisme sistem pernafasan dan metabolisme energi. Sumber k eju, susu,hati,kacang2an dan telur .Cukup cairan untuk meng atasi sembelit, mengatur suhu tubuh, melarutkan vitamin, mengatur proses metabolisme zat gizi.

2.3 Pengaturan Menu
            Berikut beberapa bahan makanan yang setidaknya anda butuhkan setiap hari :
Nama Bahan
Berat Gram
Ukuran Rumah Tangga
Beras
300
4 gelas nasi
Daging
75
3 potong, sedang
Tempe
75
3 potong, kecil
Sayuran
300
3 gelas
Buah
200
2 potong
Susu
200
1 gelas
Gula
10
1 sdm
Minyak
25
5 sdm
Selingan
2x

Nilai Gizi
-Kalori     :  2500                 - Lemak  :  82
- Protein :   85                     - H.A.      :  414

Adapun beberapa  pembagian menu setiap hari untuk memudahkan ibu hamil.Menu makanan di pagi hari untuk ibu hamil seperti berikut susu manis,nasi ,telur ceplok ,kering tempe ,tumis kacang panjang .Anjuran menu makanan pada jam 10.00 adalah bubur kacang Ijo
Pada siang hari menu makanan yang dianjurkan sebagai berikut nasi ,ikan goreng ,botok tempe, kemangi, melandingan ,sayur asam dan pepaya.Untuk menu makanan pada jam 16.00 adalah kolak labu kuning + pisang.Untuk anjuran  menu makanan pada malam hari antara lain nasi ,smoor daging + tahu.,orak –arik wortel + kool ,pisang



           




















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Betapa pentingnya fungsi gizi untuk ibu hamil dan janin. Karena bagaimanapun gizi merupakan bagian yang sangat penting untuk kesehatan ibu maupun janin yang dikandung di dalam perut. Jika janin yang dikandung kurang mendapatkan gizi maka bayi yang akan dilahirkan pun kemungkinan mengalami cacat. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut ibu hamil haruslah pandai untuk memilih makanan yang banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan ibu hamil maupun janin. Dengan demikian ibu hamil dapat memahami pentingnya nutrisi dan pengelolaan menu makanan sehat dan seimbang pada kehamilan.


3.2 Saran
            Saran dari materi ini adalah agar ibu selalu dalam keadaan sehat dan janin yang dikandung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka sebaikanya para ibu hamil dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisinya selama hamil.
Kritik dan saran sangat saya perlukan untuk kesempurnaan makalah ini. Karena saya yakin tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan makalah ini.











DAFTAR PUSTAKA

Proverawati, Atika dkk. 2010. Ilmu Gizi untuk keperawatan dan gizi kesehatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar