we're

we're

Senin, 09 Juli 2012

SOAL LATIHAN UNTUK CHI SQUARE TEST


SOAL LATIHAN X2

1.     Salah satu organisasi perempuan ingin mengetahui apakah apakah wanita berpeluang sama dengan pria untuk menjadi Gubernur. Untuk itu maka perlu dilakukan penelitian. Populasi penelitian adalah masyarakat di Propinsi Jawa Timur. Calon pertama adalah wanita dan calon yang kedua adalah pria. Sampel sebagai sumber data diambil secara random sebanyak 490 orang. Dari sampel tersebut ternyata 240 orang memilih pria dan 250 orang memilih wanita. Buktikan bahwa wanita lebih berpeluang daripada pria untuk menjadi Gubernur di Propinsi Jawa Timur !. (gunakan α = 0,5 %)

2.     Penelitian tentang hubungan antara kehamilan di luar rahim dengan pemakaian IUD. Untuk penelitian ini diambil sebanyak 100 orang yang memakai IUD dan 100 orang bukan pemakai IUD sebagai kelompok kontrol. Dari hasil pengamatan selama 5 tahun menunjukkan bahwa dari 100 orang akseptor IUD terdapat insidens kehamilan di luar rahim sebanyak 30 orang dan pada kelompok kontrol sebanyak 12 orang. Apakah terdapat perbedaan risiko untuk mengalami kehamilan di luar rahim antara akseptor IUD dan non-akseptor IUD ? (gunakan α = 1 %)

3.     Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari dua jenis minuman (merk A dan B) yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan kerja. Dari 180 responden yang mengonsumsi minuman merk A, 70 orang setuju bahwa jenis minuman ini dapat meningkatkan daya tahan kerja. Sedangkan dari  165 responden yang mengonsumsi minuman merk B, hanya 100 orang yang menyatakan bahwa jenis minuman ini berpengaruh terhadap daya tahan kerja.Buktikan apakah terdapat perbedaan pengaruh antara jenis minuman merk A dan B dalam meningkatkan daya tahan kerja !

4.     Kita mengetahui bahwa probabilitas buah dadu dari masing-masing nomor adalah 1/6. Bila permukaan buah dadu ini homogen, maka setiap nomor akan mempunyai kesempatan yang sama pada setiap kali permainan. Untuk mengetahui homogenitas, kita melakukan 72 kali permainan. Ternyata muncul angka 1 sebanyak 12 kali, angka 2 sebanyak 16 kali, angka 3 sebanyak 10 kali, angka 4 sebanyak 12 kali, angka 5 sebanyak 16 kali dan angka 6. Tentukan apakah terdapat perbedaan homogenitas pada permukaan buah dadu !

5.      Suppose you tose a coin 100 times and observed that heads (H) comes up 40 times and tails (T) 60 times. Determine whether the coin is fair?

6.      A survey on the use of seat belts found that 24 out of 60 males with a high school education and 30 out of 40 male college graduates wore seat belts regularly. Is there evidence suggesting an association between education and seatbelt use? (using α = 10%)

7.      a study was conducted to asses the relationship between syphilis and HIV infection in injection drug users in the Bronx, New York. One part of the study examined the relationship between the incidence and prevalence of syphilis and whether the drug user was involved with paid sex.

Paid sex
Syphilis Case
positive
negative
Yes
16
137
No
19
618
Based on the data, is there relationship between syphilis case and the drug user was involved with paid sex ?

8.Suatu penelitian kasus kontrol tentang hubungan antara rokok dan kanker paru-paru. Pada penelitian tersebut diambil 100 orang penderita kanker paru-
paru yang dirawat di beberapa rumah sakit selama 1 tahun sebagai kelompok kasus, sedangkan untuk kelompok kontrol diambil 100 penderita penyakit
lain. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pada kelompok kasus terdapat 85 orang perokok, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat 45 orang perokok. Hitunglah apakah terdapat hubungan antara merokok dengan Ca Paru!

9. Dalam suatu penelitian yang menggunakan rancangan
kasus-kontrol untuk menentukan hubungan antara
infark miokard dengan rokok. Kelompok kasus terdiri
dari 100 orang penderita infark miokard dan kelompok
kontrol terdiri dari 200 orang bukan penderita miokard.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara 100 org
penderita infark miokard terdapat 20 orang perokok dan
diantara 200 orang bukan penderita infark miokard
terdapat terdapat 14 orang perokok. Hitunglah apakah
terdapat hubungan antara IMA dan merokok!



Dari hasil pemeriksaan status gizi pada 940 anak sekolah dasar, terdapat 720 anak yang mempunyai status gizi baik dengan tingkatan IQ <120 pada 200 anak, IQ =120 pada 340 anak, dan sisanya memiliki IQ> 120, sedangkan 220 anak mempunyai status gizi kurang dengan tingkatan  IQ=120 pada 35 anak, IQ>120 pada 15 anak, sisanya ber IQ<120.. Buktikan apakah terdapat hubungan antara status gizi anak dengan  tingkat IQ anak! (Gunakan α  = 1%)

2 komentar:

  1. Makasih ya,, blog anda sangat membantu.
    salam kenal aja, saya juga anak s1 keperawatan 2010

    BalasHapus
  2. iya, sma2.. ^^ salam kenal juga ^^
    semoga bermanfaat ya..

    BalasHapus